Tutorial Shawl 2: Embak2 Poenya

Narsis 6

Nah ini dia model shawl yang diajarin embak-embak di pasar Jembatan Merah. Simpel tapi nggak jelek-jelek amat (gag brani bilang cantik, nti diprotes masa).

  1. Pake ciput ninjanya duluuuu.
  2. Taruh shawl di atas kepala, ngasal aja. Trus ambil salah satu ujung dalem shawl. Sematin tu ujung di dada pake jarum pentul atau peniti. Nti kalo udah ahli, step ini boleh dilewati.
  3. Tutup sematan tadi dengan sisi jilbab yang lain, trus pasang bros. Brosnya taruh agak pinggiran yeee..
  4. Nah, setelah disemat bros, sisi itu dilemparrrrrrrrr ke sisi satunya.
  5. Finiiiish!! tinggal dirapiin aja. Ujungnya bisa digeser2 dikit biar berkesan draperi2an gitu deh.
  6. Waktunya narsiiiiiiiiiiiss!! Ajak temenmu juga buat eksis ya! Eksis bersama, bro! 😛

Yak opo yak opo jo? gampang kan? Wes ndang jajalen! 😉

Tutorial Jilbab Paris 4: Pang Kepang

Narsis 4

Kangen ngepang rambut neh! Tapi rambutnya udah tertutup kain. 😦
Eh, biar berjilbab kita tetep bisa main kepang2 koq!

1. Pake jilbab dasar kayak di Narsis 1 atau Narsis 3 dulu. Di sini aku pake yang Narsis 1 ya..
2. Lidah jilbab yg biasanya nemplok di punggung, bawa ke depan. 1, 2, 3. Sekarang ada tiga lidah jilbab. Get it? Got it? Good!
3. Biar lebih rapi dan nggak geser, tusuk jarum pentul di atas jilbab kedua.
4. Mari mulai kepang mengepaaaang!!
5. Kepang sampe ujung ya..
6. Ada sisa lidah yang kecil neh! Nah, yang paling kecil itu digubet-gubet alias dililit ke kepangan trus diselipin dikit biar rapi.
7. Kalo orang kepangan rambut diikat pake karet, kepangan bisa pake bros, gesper, atau cincin ala tesi. Lebih variatif kaaann.. =)
8. Kuncinya mainan jilbab paris ini adalah KERAPIAN. Biar rapi jilbab pertama bisa dimasukin ke baju/kerah. Kalau pake kardigan/blazer/bolero biarin aja ngejuntai, toh nanti udah rapian kalo ketemu tepiannya kardigan/blazer/bolero.

Kalo mau lebih colorful bisa ditambah syal tipis atau pita. Contohnya gini:

atau dimatch dengan inner ninja juga oke..

kepang ninja

COBA’EN, REK!!

Tutorial Jilbab Paris 3: Elegante..

Narsis 3
Narsis 3
Masih pake ciput topi neh, dimatch sama jilbab paris yg dilipat segitiga. Model ini juga model dasar alias polosan.

  1. Jilbab paris yang udah dilipet segitiga ditaruh di atas ciput topi. Lidahnya sama panjang ya, biar nggak ada yg ngiri. 😉
  2. Satukan kedua sisi di bawah dagu, sematkan dengan peniti. Sekali lagi, pe ni ti. Sangat tidak disarankan pakai jarum pentul, soalnya riskan dan kurang pas.
  3. Silangkan kedua lidah ke belakang.
  4. Ikat kedua ujung lidah di belakang tengkuk. Agak kencengan dikit yah..
  5. Setelah diikat, disimpul pita. Iya, pita biasa.
  6. Biar ada efek kembang-kembangnya, tekukan simpul tadi dibuka alias dilebarkan.
  7. Dari belakang neh, nggak keliatan biasa-biasa amat kan..
  8. Dari depan juga cant.. eh, nggak jelek maksudnya. =)

Model ini cocok digabungkan sama blazer biar keren blazer yang pasti elegan nggak ketutup. Atau kalau mau dikasih bandana juga oke. Ayok ayok dicobaaaa… ^^

Tutorial Jilbab Paris 2: SINIS, SImpel maNIS

Sebenernya nggak sengaja juga saia bikin beginian. Niatnya cuma foto narsis mumpung Skype dan webcam nganggur. Hehehe.. Ya sud la, kita lanjut tutorial Narsis 1 yeah. Biar lebih colorful, tambahin paris warna kontras yuk! Eh, tapi warnanya yg senada dengan baju ya. Di poto ini sengaja warnanya beda2 n nggak match, biar keliatan aja layernya. =)

  1. Pake jilbab dasar kayak di Narsis 1 dulu. Bisa juga pake ciput ninja, yang penting kepala dan leher ketutup dulu.
  2. Taruh jilbab paris kedua di atas paris dasar. Lidahnya sama panjang ya jeung..
  3. Bawa kedua ujung lidah ke belakang.
  4. Ikat kedua lidah di tengkuk. Ngiketnya nggak usah ngoyo yah. Jilbab paris itu perlu kelembutan. Cyeeeehh…
  5. Bawa simpul yang di belakang tengkuk tadi ke samping. Bawanya pelan2 aja biar nggak rusak. Nah, kalo udah sampe samping, ditarik lagi biar rapi.
  6. Sampirkan kedua lidah yang diiket tadi ke depan.Lebih chic lagi kalo di dekat simpul dikasi bros yang agak besar. Pasangnya agak ke depanan ya biar rada manis dikit lah..
  7. Finish!! ^^

Model simpel ini cocoknya dipake sama kardigan. Kalo pake kaos/blus biasa, jilbab dasarnya dimasukkan ke dalam baju/kerah biar rapi. Met nyoba ye jeuuuung… ^^

Tutorial Jilbab Paris 1

Huray! Ada bahan wat ngisi blog lagiiii!! Kebetulan saia lagi seneng-senengnya modif jilbab neh. Masih tahap ATM sih, alias Amati Tiru Modifikasi. Tapi udah girang rasanya kalo bisa dilanjut jadi ATMB, Amati Tiru Modifikasi Bagikan. Hehehe…

Tutorial pertama saia mau share model dasar berjilbab paris. Dasar banget. Model ini cocok buat yg bentuk wajahnya bulet lagi chuby (bahasa kerennya tembem) tapi males ribet2 seperti saia. =)

  1. Jilbab parisnya dilipet segitiga dulu ya.. Taruh di atas ciput topi dg lidah sama panjang. Nggak perlu dijilat wat ngukur panjangnya, temz.
  2. Satukan sisi jilbab di bawah dagu, sematkan dg peniti imut. Buat yg pipinya KURUS (tirus maksudnya) bisa ditarik bawah telinga dulu baru disemat. Inget ya, BUAT YANG TIRUS! *yg tembem sensi neh*
  3. Ambil tengah lidah, silangkan ke belakang. Biar rapi, jangan asal silang ya. Tarik salah satu sisi ke depan dulu biar nti di leher nggak numpuk2 kayak leher buldog.
  4. Tarik kedua lidah ke belakang. Eit eits, yang ditengah aja yang ditarik.
  5. Nah, kalo tuh tengahan udah nyampe belakang, disemat pake pin kecil atau bros. Trus rapiin deh!
  6. Yak opo rek? Gampang tak ye?!

Model ini biasa jadi model dasar. Setelah itu mau ditumpuk pake paris lain atau shawl tipis juga bisa. Mau dibiarin gini aja juga bagus. Biar nggak sepi, bisa juga taruh bros di depan atau kalung. Selamat mencobaaaaa!!