5 Langkah Rebut Tiket Kereta Lebaran Dalam 5 Menit

Hello Perantau Budiman di manapun Anda berada!

Tahu kan lebaran sebentar lagi? Sudah dapat tiket kereta mudik dan balik? Kalau kamu kehabisan bahkan di 10 menit pertama.. You are not alone. Aku dulu juga gitu tuh, sebel banget! Udah dibelain begadang, begitu teng jam 12 malam, servernya lambretasyalala alias lambat banget. Giliran bisa nyambung, tiketnya habis. Padahal baru jam 00.05 lho! Kan KZL!

pc_stasiun_depan.jpg
Stasiun Tegal Laka-Laka

Namun alhamdulillah beberapa tahun terakhir aku selalu mudik dengan kereta hasil pertarungan online tengah malam. Termasuk untuk lebaran tahun 2018 ini. Memang harus pakai trik sih, jangan polos-polos amat lah. Untuk mengikuti trik ini, kamu butuh:

  1. Gawai alias device. Manfaatkan semua gawai yang kamu punya. Laptop, HP, tablet, semua!
  2. Koneksi internet super cepat.
  3. KTP semua penumpang, walau hanya foto.
  4. Token atau perlengkapan transaksi perbankan lain yang bisa diandalkan tengah malam. Aku sarankan pakai mobile banking atau internet banking, biar nggak perlu keluar cari ATM tengah malam.

Walaupun tiket kereta mulai dijual pukul 00.00, persiapannya musti jauh-jauh hari. Terutama persiapan duit. Hehehe… Kalau ini adalah kali pertama kamu berlaga di medan perebutan tiket kereta online, maka persiapan dimulai pukul 23.00.

Langkah pertama: 23.00
Unduh aplikasi yang menjual tiket online. Kamu bisa beli langsung ke web resmi PT KAI, http://kai.id atau aplikasi KAI Access. Tapi tapi tapi, kedua portal ini adalah yang paling penuh karena hampir semua orang berpikir sama: Beli langsung ke KAI lebih murah, lebih cepat, dan lebih mudah. Padahal KAI sudah bekerjasama dengan berbagai agen perjalanan online seperti tiket.com, sehingga kepadatan tidak terpusat di server PT KAI.

Jangan lupa sign up dan isi semua data diri dengan lengkap sesuai yang tertera di KTP. Enaknya kalau pakai tiket.com kamu bisa pakai akun Facebook atau Google untuk sign up, dan nggak harus bolak-balik cek email untuk verifikasi akun.

Sign up sekali saja. Lakukan ini di satu gawai, kemudian login di semua gawai. Jadi kalau kamu pegang HP, laptop, dan tablet, kamu bisa sign up di laptop kemudian login di semua gawai tersebut.

Masuklah ke bagian SMART TRAVELLER yang muncul setelah membuka tombol segitiga terbalik di samping nama kamu seperti di screenshot ini:

screen-shot-2018-03-21-at-12-46-49.png

Nanti kamu akan ketemu halaman DAFTAR TRAVELER. Dari situ, masukkan data semua penumpang yang akan mudik bareng kamu seperti nama lengkap, nomor KTP, dan tittle. Untuk si bayik yang belum punya KTP cukup masukkan tanggal lahir. Misalnya si Bayik lahir 12 November 2017, maka tulis 12112017.

Kalau semua data penumpang sudah diisi, nama lengkap (calon) penumpang akan muncul di halaman DAFTAR TRAVELLER seperti ini:

Screen Shot 2018-03-21 at 12.46.59

Langkah kedua: 23.45
‘Pura-pura pesan’ tiket kereta di hari paling ujung yang bisa diakses. Misal, kamu akan berburu tiket untuk tanggal 20 Juni 2018. Tapi kan belum dijual tuh, masih harus tunggu 15 menit lagi. Nah, kamu pesan dulu yang tanggal 19 Juni 2018.

Isi jumlah penumpang sesuai yang akan ikut mudik nanti. Saya tahun ini mudik dengan suami dan si Bayik. Jadi di kolom penumpang diisi 2 dewasa dan 1 anak, lalu klik PESAN SEKARANG.

Langkah ‘pura-pura pesan’ ini menurutku penting, supaya kita familiar dengan langkah-langkah pemesanan tiket kereta. Selain itu, kita juga jadi tahu kereta apa saja yang tersedia, dan jam berapa saja. Apalagi belakangan ini kereta sering ganti rute dan jadwal. Dari ‘pura-pura pesan’ ini kita sudah ada gambaran harus klik apa, sebelah mana, akan pesan kereta yang mana, sekaligus cek ejaan nama dan nomor KTP. Salah ejaan atau keliru memasukkan nomor KTP bisa berujung batal mudik karena gagal boarding, lho.

Langkah ketiga: 23.55
Ini adalah saat-saat genting dan penting dari perburuan Tiket Kereta Lebaran 2018. Klik UBAH PENCARIAN lalu ganti tanggal ke tanggal mudik yang dimaksud. Mengikuti permisalan di atas, adalah tanggal 20 Juni 2018. Itu pun kalau sudah muncul. Kalau tanggal tersebut belum muncul, refresh!

Refresh terus sampai jam 00.00 dan tanggal 20 Juni 2018 menyala, tanda bisa pesan tiket sekarang.

Langkah keempat: 00.00
Kita sudah latihan pesan tiket di jam-jam sebelumnya tuh. Begitu jam 00.00 dan tanggal yang dimaksud menyala, langsung scroll aja ke bawah PESAN TIKET SEKARANG.

Walaupun bisa, saya nggak menyarankan untuk pilih kursi di masa genting seperti ini. Kenapa? Karena ketika kamu sedang sibuk pilih kursi, pejuang lain sedang bergerilya merebut kursi yang ada. Yang penting segera PESAN SEKARANG, dan Checkout. Toh jarang sekali algoritma memisahkan tempat duduk beda gerbong untuk pemesanan kurang dari 3 orang.

Oh iya, jangan lupa masukkan kode promo GRATISMAKAN supaya kamu dapat gratis makanan + diskon langsung Rp 40.000 dari tiket.com. Sekarang tahu kan kenapa aku milihnya tiket.com. Hehehe…

Langkah kelima: 00.05
Kalau langkah ini dengan sigap kamu ikuti, sebelum jam 00.05 kamu sudah dapat tiket kereta lebaran. Segera bayar tiket tersebut. Tiket.com menerima pembayaran lewat dari kartu debit maupun kartu kredit melalui ATM, mobile banking, maupun internet banking. Ingat, kamu cuma punya waktu 59 menit 59 detik untuk menyelesaikan pembayaran.

Belum berhasil?
Kalau kamu masih belum berhasil memperoleh tiket lebaran, ulangi langkah di atas di jam 00.50. Mengapa di jam tersebut? Karena itulah musim gugur di jagat pertarungan perebutan tiket kereta lebaran. Maksudnya, mulai pukul 01.00 banyak tiket yang hangus karena gagal bayar. Nah, tiket-tiket hangus inilah yang bisa kamu rebut demi terwujudnya mimpi berkumpul bersama keluarga dan kembali ke ibukota dengan sejahtera, selamat, dan sentosa.

Masih belum dapat juga?
Hya ampuuunn.. Coba cek kadar hokimu. Mungkin tadi kamu nginjak tanah kuburan nggak baca doa, atau ada payung yang masih terbuka di dalam rumah, makanya hokimu jelek. Hehehe…

Kamu masih punya kesempatan mudik pakai kereta kalau PT KAI menambah angkutan lebarannya. Pantengin terus berita-berita mudik, karena pengumuman kereta tambahan adalah genderang perang berikutnya yang nggak boleh dilewatkan.

Tips dan trik ini bisa kamu terapkan juga untuk berburu tiket-kereta-laris-manis-langsung-habis di musim lain seperti long weekend, atau musim liburan sekolah. Di musim-musim tersebut tak jarang tiket langsung ludes sebelum kita ngeh ada liburan sebentar lagi.

SELAMAT BERBURU, KI SANAK!!

Sumber: https://kumparan.com/tika-we/5-langkah-merebut-tiket-kereta-lebaran-dalam-5-menit

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s