Stay at Home Mom

Itulah jabatan yang dengan bangga saya sandang sejak kembali dari negara sono. Nggak sedikit yang ‘menyayangkan’ latar belakang pendidikan, kemudian menawarkan bisnis ini-itu atas nama FINANCIAL FREEDOM. Saya memang senang bekerja, senang sibuk. Tapi kalau diajak jualan yang merekrut manusia2, itu “bukan gue banget”. Yang bikin bete adalah kalau ditolak, dibilang “Nggak mau bantuin suami nyari penghasilan tambahan.” Padahal eijk punya laki nyantai aja. Bahkan nyantai banget.

Yang mereka nggak tahu adalah ada baaaaanyak hal yang bisa dikerjakan dari rumah untuk dapat uang belanja tambahan. Ini bukan lagi jualan lipstik, tetapi sekedar sharing apa saja yang bisa dikerjakan di rumah di era digital ini.

1. BLOGGER
Ini lagi hype banget. Semua ibuk2 mendadak jadi blogger demi undangan promosi dan goodie bag. Saya memang ngeblog sejak 12 tahun lalu, tetapi ngeblog untuk mempromosikan merek komersial “bukan gw banget.” Tapi kalau kamu ingin merintis karir di bidang kepenulisan, I strongly suggest memulai dari blogging. Setidaknya blogmu bisa jadi portofolio sekaligus lab dan playground kamu.

2. GHOSTWRITER
Bukan penulis cerita hantu, woy! Ghostwriter itu kita nulis untuk penulis lain. Misalnya, ada bank mau bikin buku tentang finansial. Mereka bayar kita untuk kerjakan itu, tapi nanti di buku yang ditulis nama mereka.
+ duitnya gede
– musti sabar nunggu invoice cair

3. CONTENT WRITER
Sekarang ada banyak tuh portal penadah content writer. Ada yang bayarannya berdasarkan kualitas tulisan, ada yang berdasarkan perolehan klik. Contoh portal yang bayar dari klik adalah IDN Times dan UC News. Jadi jangan kaget kalau di portal tersebut banjir artikel click-bait. Kalau yang bayarannya berdasarkan kualitas, misalnya Content Collision atau majalah2 travelling.

4. FREELANCE WRITER
Ini kerjaan favorit saya. Saya menulis sesuai pesanan dan tidak terikat di satu perusahaan. Biasanya pesanannya artikel2 tips dengan promosi tipis2, atau mengerjakan press release. Pernah ditawarin nulis artikel provokatif hoaks tipis juga. Bayaran satu artikel provokatif setara 20 tulisan research-based untuk media asing. Kebayang nggak “easy money” nya? Beberapa perusahaan bahkan kasih komisi kalau artikel tersebut dapat banyak klik, atau dishare di berbagai media. Nah, kalau kamu hobi share artikel beginian, SELAMAT! Anda berkontribusi aktif mengembangkan bisnis konten provokatif nggak jelas. Yang kayak gini walau duitnya banyak, tapi “bukan gw banget”. Saya mending disuruh bikin press release tujuh rupa dah daripada bikin broadcast ala-ala.

5. WARTAWAN
Tapi bukan wartawan perang juga, kaliii.. Jadi wartawan jaman now mah enak. Wawancara lewat telpon, email, atau Skype, tulisan diketik di dashboard online. Selesai. Biasanya yang perlu jasa semacam ini adalah media bisnis dan startup.

6. ADMIN MEDIA SOSIAL
Ini juga kerjaan favorit saya. Jaman sekarang, siapa yang nggak suka update status? Apalagi dibayar. Tapi jangan salah, jadi admin medsos nggak bisa asal update atau komen. Biasanya ada rambu2 dari pemilik merek yang harus dipatuhi dan ini yang bikin kerjaan Mimin challenging. Belum lagi kalau si klien menargetkan like/follow sebanyak2nya dengan hadiah sepelit2nya. 10ribu follower organik dalam seminggu, hadiahnya cuma 3 set goodie bag. Mampus juga kaaann… Hahaha…

7. ADMIN WHATSAPP/LINE
Biasanya kliennya online shop kelas menengah nih. Saya pernah nyoba, tapi ternyata stok kesabaran saya nggak sesuai untuk kerjaan ini. Sebetulnya kerjaannya sederhana, hanya balas chat calon konsumen yang tertarik produk juragan. Yang bikin males adalah kalau ada orang yang nanya banyak, trus nyela2 barang/harganya ditawar secara sadis, kalau ditolak nyelanya makin jadi, udah gitu kagak beli pula. Makanya ya buk ibuk, kalau belanja lewat WA/Line itu mbok ya jempolnya disekolahin dulu. Kasihan adminnya. Kalau buk ibuk bikin emosi, nih admin betenya ke anak/suami di rumah lho. Eh! Hehehe…

Jadi, jaman sekarang jadi Stay-at-Home Mom itu seru banget sepanjang kita tahu kita bisa apa. Kalau bisa jualan, ya jualan lah. Itu e-commerce bwanyak banget. Kalau bisanya nulis, ya nulis lah. Kunci sukses dari Stay-at-Home-but-Work-Hard Mom adalah disiplin tinggi, komitmen terhadap manajemen waktu, dan pergaulan luas.

Ketika tulisan ini saya bagikan, teman-teman menambah daftar panjang pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, yaitu:

8. JUAL BELI SAHAM
Hm, bicara hot money mungkin pekerjaan ini yang paling hot, namun bukan yang paling mudah. Untuk bisa terjun ke pasar saham banyak hal yang harus dipelajari. Saya belum ke sini nih, mungkin ada yang bersedia mengajari saya?

9. YOUTUBER
Jadi ingat Kelas Inspirasi Tegal. Salah satu siswa SD yang saya datangai waktu itu bercita-cita jadi YouTuber. I mean like, WOW! 5 tahun lalu sepertinya belum ada jenis cita-cita ini.

10. SELEBGRAM
Kalau punya tampang komersil, kamera mumpuni, dan lingkaran sosialita buat bertralala-trilili, ini doable banget. Rasanya hampir setiap orang yang punya Instagram sekarang mendambakan jadi selebgram, pakai baju endorse dari ujung kepala sampai ujung rambut. Nggak heran orang jualan follower laku keras. Sah-sah aja, dan keren. Cuma ya kalau tampang pas-pasan kayak saya ini, boro-boro mau jadi selebgram. Foto dilike Lukman Sardi aja sampai sekarang girangnya bukan main. Ndeso. Hahaha…

11. TRANSLATOR
Nah, yang ini mirip-mirip kerjaan freelance writer dalam hal self-management. Kita yang menentukan mau ambil kerjaannya atau enggak berdasarkan brief dari klien. Bedanya, perlu kemampuan berbahasa asing dan wawasan mengenai negara dari bahasa tersebut untuk bisa menekuni pekerjaan ini. Sekarang ini ada banyak sekali portal penadah translator lho. Googling aja, pasti dapat. Tapi jangan kaget kalau kliennya bawel banget dan maha pelit. Haha…

Nah, itu dia pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah bagi para emak-emak stay-at-home. Selain itu, ada apa lagi ya? Share donk..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s