Dari Rumpian Whatsapp, Jadilah Proyek Keren Ini

Apa isi obrolan group whatsapp teman-teman sekolah/kuliahmu?

Kalau isinya tautan hoax provokatif, sepertinya perlu dipertimbangkan untuk bersih-bersih group. Alhamdulillah group teman-teman seangkatan kuliah bersih dari Koran Copas Group Sebelah. Yang ada, tiap bulan kita selalu bahas, “Ini duit segini mau dikemanain?”.

Teman-teman Sigma 18, begitu kami menyebutnya, rutin menyisihkan penghasilannya yang sebetulnya belum bisa dibandingkan gaji pejabat. Tapi konon sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, sehingga dalam kurang dari setahun kami bisa mengumpulkan delapan digit rupiah. Ini bukan duit arisan, apalagi investasi bodong. Dinahkodai Mamih Neser Ike Cahyaningrum (yang pakai jilbab ungu), uang ini disalurkan untuk tujuan pendidikan dan sosial.

whatsapp-image-2016-11-15-at-6-40-23-pm
Swafoto sama awardee Beasiswa Sigma 18
whatsapp-image-2016-11-15-at-6-40-23-pm-1
Formasi lengkap Neser (perwakilan Sigma 18) dan adik-adik Statistika ITS penerima Beasiswa Sigma 18

Sasaran utama kami adalah beasiswa untuk adik kelas yang sedang kuliah di jurusan kami, Statistika ITS. Walaupun donatur mayoritas adalah teman-teman S1, kami tidak memandang program studi dalam menyalurkan beasiswa. Sepanjang mereka berprestasi, memiliki potensi untuk maju, dan memang membutuhkan bantuan finansial, insya Allah kami bantu.

Skema beasiswa ini bikin kami makin ‘ikrib’ karena kami jadi intense ngomongin pendaftar, bareng-bareng menyeleksi mana yang memerlukan beasiswa, mana yang tidak. Kami juga jadi update kabar perkembangan kampus teranyar, termasuk bagaimana ITS sekarang menghitung uang semesteran (entah apa namanya, lupa).

Nah, kalau ada rejeki lebih, biasanya kami salurkan untuk bantuan bencana alam dan sosial. Misalnya, baru-baru ini kami membantu keberlangsungan #KelasMusik Komunitas Yayasan Taufan untuk membantu anak-anak dengan kanker dan penyakit keras lainnya.whatsapp-image-2016-11-19-at-11-06-21-amMakasi buat relawan Kelas Musik Nadya Gusminar Nurarviana udah repot-repot dibikinin leaflet ini.

Terus terang ide beasiswa ini kami comot dari adik angkatan kami, Sigma 19. Mereka sudah lebih dulu menjalankan skema beasiswa bahkan sebelum mereka jadi alumni. Inisiasi positif, nggak ada salahnya ditiru donk? Kamu juga bisa meniru kerempongan kami ini dengan teman-teman se-gengmu lho!

PS: Terima kasih buat embak-embak ‘konsultasi’ yang paling sabar tur anti-mblayer Neser Ike Cahyaningrum. Mugo2 gek ndang dilamar! #Eh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s