Broadcast Jumatan

As salaamu Alaikum brothers and sisters,
Jummah Salah will be held in the Garden Court at 13:20.
JazakAllah Khair,
ISOC

Pesan singkat dari Islamic Society (ISOC) ini selalu ditunggu tiap Jumat pagi di group whatsapp PPI Southampton. Pelaksanaan sholat Jumat di kampus University of Southampton memang kerap berpindah-pindah. Terkadang di gedung Garden Court, kadang harus ke hall makan malamnya salah satu asrama mahasiswa, Glen Eyre. Belum lagi masalah waktu, terus bergeser mengikuti perubahan musim.

Kampus saya ini sebetulnya punya mushola yang cukup layak, namun tidak mampu menampung jamaah pria untuk sholat Jumat. Jadilah setiap pekan para relawan ISOC berburu ruangan.

Ini belum termasuk perburuan saat hari besar, lebih pelik lagi. Apalagi saat Idul Fitri kemarin, Southampton cukup panas pasca rilisnya hasil referendum EU: Brexit. Banyak orang lokal yang mendadak alergi imigran. Mereka tak sungkan menggelar aksi demonstrasi atau melakukan tindakan-tindakan ‘ngeselin’ untuk memuaskan alerginya. Walhasil, demi keamanan, pelaksanaan sholat Ied di taman kota kemarin terpaksa dibatalkan. Untungnya tempat sholat Ied nggak hanya di taman kota. Kami, PPI Southampton tetap melaksanakan sholat Ied di halaman kantin asrama mahasiswa WessexLane.

Walaupun negara ini menjunjung kebebasan memeluk agama, yang namanya minoritas, harus ngalah dan manut. Sholat di mana saja, hayuk. Termasuk di community centre.

Swaythling Neighbourhood Community Centre, misalnya. Tempat ini merupakan bangunan milik pemerintah untuk warga Swaythling melakukan kegiatan apapun termasuk beribadah. Bangunan ini secara rutin digunakan sebagai Community Church, gereja yang melayani penduduk lokal. Jadilah serangkaian atribut keagamaan menempel di sekujur dinding. Terkadang jadi pasar dan taman hiburan juga, terutama di musim panas. Dan di tempat ini pulalah kami melakukan sholat Tarawih. Kami menyembah Allah SWT di tengah kepungan salib.

Ya begini ini dinamikanya jadi Muslim, minoritas, di wilayahnya Church of England. Makanya, kalau hari ini kamu bisa berangkat sholat Jumat ke masjid terdekat, bahkan masjid kantor dengan dalih ‘biar ganteng’, bersyukurlah! Bersyukurlah karena kamu nggak perlu nunggu broadcast whatsapp untuk menentukan mau sholat di mana. Dan bersyukurlah karena kamu terancam ganteng setelah Jumatan.

 

*Foto: Pria-pria PPI Southampton 2015/2016 terancam ganteng permanen pasca sholat Ied.

Iklan

2 pemikiran pada “Broadcast Jumatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s