Gimana Rasanya Kuliah di Inggris?

Pertanyaan tersebut bukan sekali-dua kali saya terima. Berkali-kali. Mungkin sama seringnya orang-orang nanya, “Kapan nikah?” atau “Kok belum punya pacar?” buat kamu yang jomblo, eh single.

Pertanyaan tersebut akhirnya dirangkum oleh situs Belajar Luar Negeri yang saya jawab hingga menjadi sebuah artikel di halaman ini: http://www.belajarluarnegeri.com/students/tika-university-of-southampton/

Screen Shot 2015-11-11 at 8.56.44 PM

Mengapa kamu memilih untuk belajar di Inggris?

Saipa tak suka Inggris? Kerajaannya, klub bolanya, kebudayaannya, semua menarik. Namun bicara tentang sekolah, alasan pertama saya memilih Inggris adalah masa studi yang relatif lebih pendek dibanding negara lain. Studi S2 di Inggris dapat ditempuh dalam 1 tahun saja. Dengan kata lain, hanya 1 tahun saya harus hidup jauh dari keluarga.

Selain itu, Inggris memiliki Royal Statistics Society dan National Centre for Research Methods (Pusat Nasional untuk Metode Riset) dimana saya banyak belajar metode riset dan statistika baru untuk isu-isu sosial khususnya demografi.

Satu lagi yang membuat saya memilih belajar di Inggris adalah budaya dan lingkungannya yang sangat nyaman bagi pelajar internasional. Memang biaya hidup di Inggris lebih tinggi dibanding Negara Eropa lain. Namun berkat ‘kesaktian’ kartu pelajar, semuanya jadi jauh lebih murah. Hampir semua toko memberi potongan harga hingga 75 persen untuk pelajar.

Apa yang paling kamu suka dari sekolah di University of Southampton?

Yang paling membuat saya ‘hidup’ di University of Southampton adalah komunitas-komunitas SUSU (Southampton University Student Union). Ada lebih dari 300 komunitas di sini. Sekitar 80 diantaranya adalah komunitas olahraga. Selebihnya sangat beragam, mulai dari komunitas industri kreatif, keilmuan, perhimpunan pelajar (termasuk Indonesian Society), sampai komunitas idealisme dan keyakinan tertentu seperti Masonic Society. Selain di IndoSoc, saya aktif di Zumba+ Society dan Vegan/Vegetarian Society.

Lingkungan belajar University of Southampton juga nyaman dan aman. Lokasinya 10 menit dari City Centre, dikelilingi hutan dan taman-taman cantik. Akses ke mana pun mudah dan murah berkat UniLink. Gedung-gedung di universitas ini terbilang modern dan apik. Meskipun beberapa bangunan mempertahankan struktur aslinya, interior mereka modern seperti Hartley Library. Tak heran banyak yang betah belajar sampai larut malam di sini.

12119975_10206674571716616_6305239011174397268_o
Bersama Kak Njoo di depan Hartley Library

Di luar itu, tenaga pengajar dan sivitas universitas selalu mendukung kegiatan belajar. Pintu ruangan dosen selalu terbuka apabila kita perlu bimbingan khusus maupun diskusi. Ada juga Student Service Centre yang siap membantu segala kesulitan kita di bidang akademik, karir, bahkan homesick sekalipun.

Apa yang paling kamu suka tentang Southampton?

Southampton kota yang tenang, penduduknya ramah, dan hanya 1,5 jam dari London. Southampton merupakan salah satu kota paling hijau di Inggris dengan lebih dari 50 ruang hijau berupa taman indah dan hutan. Saya paling suka Central Parks di City Centre yang luasnya 21 hektar, Riverside Park, dan Southampton Common. Saya dan teman-teman sering menghabiskan akhir pekan di sana. Terkadang ketemu pemain bola The Saint juga di sini.

Sungai Itchen
Sungai Itchen

Sungai di Southampton juga lebar, panjang, bersih, dan cantik. Banyak perahu motor dan kapal pesiar bersandar di sungai-sungai Southampton. Sebagai informasi, Southampton merupakan tempat asal berlayarnya RMS Titanic. Kebanyakan korban peristiwa tenggelamnya Titanic berasal dari Southampton. Saya suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah bagi warga Southampton terkait peristiwa tersebut alias RMS Titanic Tour.

Apakah kamu mempunyai kiat-kiat untuk menghemat uang pada waktu belajar di luar negeri?

Makanan dan minuman di Inggris terbilang mahal. Maka trik hemat pertama adalah masak sendiri di rumah. Saya selalu batch cooking, masak besar di akhir pekan untuk persediaan sampai minggu depan. Jadi, setiap hari saya membawa lunch box ke kampus. Selain hemat uang, hemat waktu, aman, dan kehalalannya tidak diragukan.

Kiat lainnya adalah selalu cek harga barang di portal belanja mysupermarket.co.uk sebelum ke supermarket. Selisih harga barang yang sama bisa sangat berbeda antara Sainsbury’s, Asda, Tesco, dan supermarket lain. Nah, kalau belanja basic fashion items cukup di Primark.

Terakhir, selalu bawa kartu pelajar ke mana pun. Semua toko, tempat publik, dan transportasi publik punya harga khusus untuk pelajar.

Apa keuntungan yang kamu dapat setelah mengambil studi di luar negeri?

Keuntungan paling besar dari studi di luar negeri adalah kesempatan belajar langsung dari ahlinya. Selain itu, lingkungan belajar juga lebih kondusif karena teman-teman yang setujuan dan tenaga pendidik yang suportif.

Lingkungan yang lebih multikultural juga menjadi salah satu keuntungan belajar di luar negeri. Selain menambah wawasan tentang budaya luar, saya jadi lebih bersemangat mempelajari Indonesia untuk diceritakan ke teman-teman. Efeknya, saya semakin cinta tanah air saya.

Saran apa yang akan kamu berikan ke murid Indonesia yang mengambil studi di luar negeri untuk pertama kali?

Saran pertama adalah do research. Kita harus benar-benar paham negara, kota, universitas, program yang diambil baik dari sisi positif maupun negatifnya supaya tidak terkejut dengan tantangan yang akan dihadapi. Konsultasi dengan perwakilan universitas dan alumni akan sangat berguna.

Saran kedua adalah percaya diri dan berani mengutarakan apapun yang ada di pikiran maupun kesulitan kita. Hal tersebut sangat membantu kita baik di dalam kelas maupun dalam pergaulan sehari-hari.

PPI Southampton sebelum berlaga di Nusantara Cup, Coventry, Inggris
PPI Southampton sebelum berlaga di Nusantara Cup, Coventry, Inggris

Apabila masih ada pertanyaan yang belum terangkum di sini, silahkan meninggalkan komentar atau kirim email ke salam@tikawe.com. Walaupun saya tidak bisa menjanjikan respon cepat karena perbedaan waktu, insya Allah saya sempatkan balas di sela-sela rutinitas kuliah.

Akhir kata, dream big, work hard, saya tunggu kabar baiknya! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s