Surat Cinta dari Loveland

20140402-001854.jpg

Suatu siang, sepucuk surat mendarat di meja kerjaku. Di era email dan sosial media, surat adalah barang langka. Apalagi surat ini ditulis tangan, ada perangko berstempel. Bukan surat blast promosi, bukan tagihan kartu kredit. Di belakangnya ada sticker hati merah jambu, bertabur gemerlap glitter. Surat cinta!

Nama dan alamatku tertulis besar-besar di sisi kanan amplop. Di pojok kiri bawah, stempel merah bergambar bocah kecil dengan panah cinta dan daun-daun waru mengotaki syair singkat.

Ya Tuhan, aku dapat surat cinta!

Marielle and I

Nyaris terabaikan nama seorang sahabat di pojok kiri atas amplop: Marielle Butters. Aku mengenal perempuan yang setahun lebih muda – tapi 10 senti lebih tinggi – ketika ia memutuskan bertualang ke Indonesia sebagai guru Bahasa Inggris. Setelah puas setahun menjelajahi Indonesia, Marielle kembali ke kampung halamannya di Loveland, Colorado.

Simbol-simbol cinta semakin melimpah ketika amplop ku buka. Ada kartu ucapan dan tiga kartu pos. Di kartu ucapan tersebut, tercetak indah syair cinta:

As I dream of what love should be,
Sentiments from The Sweetheart City are what I see.
With so much love in the air
Comes this message of love to share.
May your wishes & dreams come true
As I celebrate this Valentine’s Day with you!

Dengan tulisan tangan, tertulis penjelasan singkat tentang kartu ucapan tersebut. Di kampung halaman Marielle, adalah tradisi berkirim kartu ucapan saat Hari Valentine. Namanya Valentine Remailing Program. Program tersebut digelar Loveland Chamber of Commerce alias Kamar Dagang Loveland sejak tahun 1947. Masyarakat di seluruh dunia bisa mengirimkan kartu Valentine dari Loveland. Caranya:

  1. Beli kartu ucapan resmi dan amplopnya dari Kamar Dagang Loveland. Kartu ini tidak hanya beredar luas di Loveland, tetapi juga dijual online.
  2. Tulis nama dan alamat orang terkasih sebagai tujuan di amplop yang telah dibeli.
  3. Masukkan kartu ucapan ke dalam amplop resmi, lalu masukkan lagi ke sebuah amplop yang lebih besar lagi, kirim ke Kamar Dagang Loveland. Perhatikan deadlinenya. Untuk tahun 2014 ini, kartu ucapan tujuan ke luar negeri diterima paling lambat 4 Februari, tujuan Amerika 8 Februari, dan tujuan Colorado 10 Februari.

Di Colorado, sekitar 60 relawan menstempel amplop resmi yang masuk dengan stempel khusus. Setiap tahun, syair pada stempel tersebut berubah. Berikut syair yang tertulis di amplop cintaku:
stamp

Setelah distempel, semua kartu ucapan dikirim ke orang-orang terkasih yang alamatnya tertulis di amplop resmi tadi.

Valentine Remailing Program bukan melulu perkara kiriman. Jauh sebelum bendera kirim dikibarkan, Kamar Dagang Loveland menggelar kompetisi mendesign kartu dan mengarang syair stempel. Karya pemenanglah yang akan digunakan dalam kartu ucapan dan stempel resmi. Bukan itu saja, tahun 2013 lalu sebanyak 60 penduduk Loveland selalu antusias menjadi relawan sebagai tukang stempel 160.000 kartu valientine dari 120 negara

Kalau Jakarta punya program semacam ini, kira-kira syair apa ya yang cocok buat stempelnya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s