2010 Era Justin Bieber dan Luna Maya

Tanpa terasa, tahun 2010 segera berakhir. Berbagai instansi mulai melakukan tutup buku, mall mulai promo Year End Sale, dan (semestinya) kita sudah mulai menyusun rencana dan pencapaian baru untuk tahun 2011.

Well, menjelang tahun baru 2011 Google pun sudah tutup buku dengan Google Zeitgeist 2010. Google Zeitgeist 2010 ini merangkum kueri mesin pencarinya sepanjang tahun 2010.

Tampilan Google Zeitgeist 2010
Tampilan Google Zeitgeist 2010


Yang Baru Di Google Zeitgeist

Sebagai search engine atau mesin pencari, Google semakin jadi andalan masyarakat online di dunia. Situs penerjemah (Google Translate), berita (Google News) dan peta (Google Maps) ikut populer di tahun ini. Tak heran bila Google kemudian merangkum kueri dari ketiga situs tersebut dalam Google Zeitgeist 2010 untuk pertama kalinya.

Human Aid di Google Zeitgeist 2010
Human Aid di Google Zeitgeist 2010

Tahun 2010 adalah tahun berbagi – kalau tak bisa disebut tahun bencana – karena lumbung donasi bertebaran di mana-mana. Gempa Haiti, kerusuhan Pakistan, dan peristiwa lain yang mengundang donasi penduduk dunia semakin marak di tahun ini. Tak heran bila kemudian Human Aid menjadi kategori baru di Google Zeitgeist 2010 dengan pencarian teratas adalah ‘donate to haiti’. O ya, ‘Haiti’ dan ‘earthquake’ juga masuk dalam 10 besar berita Google mengalahkan popularitas Lady Gaga. Hm, sepertinya simpati warga dunia semakin besar saja.

Tahun 2010 juga tahun gadget. Banyak gadget baru dengan gebrakan dahsyat yang lahir di tahun ini. Jangan heran kalau budget gadget Anda tahun ini membengkak lantaran hadirnya iPad, iPhone 4, dan Blackberry Apps. Untuk urusan gadget, Google Zeitgeist 2010 memberikan kategori khusus yaitu Consumer-Electronics. Di kategori ini, iPad dan iPhone 4 adalah kueri yang lagi naik daun (istilahnya Google Bahasa Indonesia) tahun ini.

O ya, ada lagi yang baru dari Google Zeitgeist 2010 yang paling saya suka. Cara Google menampilkan diagram batang naik turunnya peristiwa-peristiwa besar sepanjang tahun 2010. Google menampilkannya dengan meletakkan sebatang diagram di tiap negara di atas peta dunia. Di bawah peta ada seek bar yang bisa digeser berdasarkan waktunya. Kalau seeker itu digeser perlahan, batang di peta akan naik-turun menyesuaikan kueri di waktu tersebut.

2010 Milik Mereka

Beberapa nama baru muncul di Google Zeitgeist 2010. Kalau 2009 lalu GZ milik Michael Jackson, maka tahun ini adalah tahunnya Justin Bieber dan Katy Perry. Nama mereka muncul di beberapa kategori. Sebetulnya hal serupa juga terjadi pada Lady Gaga. Banyak onliners yang mencari Lady Gaga sejak 2009 lalu. Namanya di kueri Google Zeitgeist tidak asing. Namun rasa penasaran masyarakat onliners terhadap Justin Bieber dan Katy Perry ternyata lebih besar, mengalahkan segala sensasi Gaga.

Tokoh Yang Naik Daun:

  1. Justin Bieber
  2. Katy Perry
  3. Selena Gomez
  4. Kim Kardashian
  5. Eminem
  6. Lady Gaga
  7. Miley Cyrus
  8. Taylor Lautner
  9. Megan Fox
  10. Robert Pattinson

Justin Bieber Justin Bieber memang bintang tahun ini. Seperti Google Zeitgeist, AMA 2010 pun berada dalam genggamannya. Penyanyi yang mengawali karir di YouTube ini memang banyak memang mengundang rasa penasaran apalagi di usianya yang sangat belia. Seorang teman pernah bilang, suatu hari nanti kita akan bilang, “Justin Bieber? Jadul banget!!”. Yeah, I think so. Tahun ini memang tahunnya Justine Bieber deh, entah tahun-tahun berikutnya. Congratz, Bieber!

Mengintip Google Zeitgeist Malaysia

Setiap kali Google Zeitgeist rilis, negara pertama yang saya tuju adalah Malaysia, saudara dekat kita. Bukan apa-apa, selera orang Malaysia dengan Indonesia kan 11-12. Jadi, berhubung kuerinya GZ Indonesia belum ada, ya Malaysia tak apa lah..

Lagipula kueri Malaysia tergolong unik dan asik. Negara yang masyarakatnya adem ayem lantaran filtering media yang sangat ketat ini hobi bergosip dan sinetron. Tahun lalu, nama Manohara Odelia Pinot jadi salah satu orang yang paling dicari di Google Malaysia. Sebagai newsmaker, ia paling banyak dicari setelah Elizabeth Wong, politisi Malaysia yang naik daun karena video bugilnya. Tahun ini, pemain video bugil lagi-lagi menghias kueri Google Zeigeist Malaysia. Ya, yang saya maksud adalah Luna Maya.

Kueri Luna Maya
Kueri Luna Maya
Ariel kiss Luna Maya
Ariel kiss Luna Maya

Ketika video porno Ariel dan Luna Maya mencuat ke media, masyarakat Malaysia rame-rame berburu di internet, begitu kata blog lokal. Ariel tidak jadi topik utama di Google karena nama Peterpan sudah cukup dikenal di negeri Jiran tersebut. Sebaliknya, masyarakat Malaysia belum mengenal Luna Maya. Hm, sepertinya Google Malaysia didominasi onliners yang betul-betul ‘dewasa’. ;P

Satu lagi rilis Google Zeitgeist Malaysia yang menarik perhatian saya, munculnya ‘Benci Bilang Cinta’ sebagai salah satu kueri paling dicari. Kueri ini menarik perhatian karena hal pertama yang ada di pikiran saya adalah salah satu judul lagu Raja. Apa iya sedahsyat itu lagu Raja di Malaysia?

Kueri Benci Bilang Cinta
Kueri Benci Bilang Cinta

Tanda tanya terjawab ketika membaca salah satu blog onliner Malaysia. Benci Bilang Cinta adalah sebuah sinetron yang dibintangi Marshanda dan Baim Wong di Astro RIA. Sinetron yang alur ceritanya mrepet-mrepet drama Korea Princess Hour ini jadi acara yang paling dicari di episode-episode terakhirnya. O ya, di Indonesia sinetron ini tayang tahun 2006, tapi tidak seheboh di Malaysia. Well, congratz Baim Wong and Marshanda!

Benci Bilang Cinta

Iklan

Satu pemikiran pada “2010 Era Justin Bieber dan Luna Maya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s